Graha Tramedika Internasional. Jalan. Raya Cijerah IRSUD Square No. 05 Bandung - Jawa Barat
+6281260609097

Apa Itu Diabetes?

SOLUSIKANKER.CO.ID - Diabetes adalah sekelompok penyakit kronis yang memengaruhi cara tubuh mengatur kadar gula darah atau glukosa. Glukosa adalah sumber utama energi untuk tubuh, dan kadar glukosa dalam darah harus diatur dengan cermat. Diabetes terjadi ketika tubuh memiliki masalah dalam mengatur kadar glukosa ini, yang dapat disebabkan oleh beberapa faktor.

Ada dua jenis diabetes utama:

Diabetes Tipe 1: Diabetes tipe 1, juga dikenal sebagai diabetes autoimun atau diabetes remaja, biasanya muncul pada usia muda (biasanya sebelum usia 30) dan disebabkan oleh kerusakan sistem kekebalan tubuh yang menghancurkan sel-sel penghasil insulin dalam pankreas. Insulin adalah hormon yang mengatur kadar glukosa dalam darah. Penderita diabetes tipe 1 harus menggunakan insulin secara teratur untuk mengatur kadar glukosa darah mereka.

Diabetes Tipe 2: Diabetes tipe 2 adalah jenis diabetes yang lebih umum dan biasanya muncul pada usia dewasa. Pada diabetes tipe 2, tubuh masih memproduksi insulin, tetapi sel-sel tubuh menjadi kurang responsif terhadap insulin ini, sehingga glukosa tidak dapat masuk ke dalam sel dengan baik. Ini disebabkan oleh kombinasi faktor genetik dan gaya hidup, termasuk obesitas, ketidakaktifan fisik, dan pola makan yang buruk. Pengobatan untuk diabetes tipe 2 dapat melibatkan perubahan gaya hidup, obat-obatan, atau insulin jika diperlukan.

Kedua jenis diabetes dapat menyebabkan masalah kesehatan serius jika tidak diatur dengan baik, seperti kerusakan organ, gangguan saraf, masalah jantung, gangguan mata, dan gangguan ginjal. Oleh karena itu, penting untuk mendiagnosis dan mengelola diabetes dengan baik melalui perawatan medis, perubahan gaya hidup sehat, dan pengukuran rutin kadar glukosa darah.

Gestasional Diabetes: Jenis diabetes ini terjadi selama kehamilan, ketika kadar gula darah seorang wanita hamil tiba-tiba naik. Kondisi ini biasanya mereda setelah melahirkan, tetapi wanita yang mengalami gestasional diabetes berisiko lebih tinggi mengembangkan diabetes tipe 2 di masa depan. Pengelolaan gestasional diabetes melibatkan pengendalian diet, olahraga, dan kadang-kadang obat jika diperlukan.
Gejala diabetes bisa bervariasi, tetapi beberapa tanda dan gejala umum meliputi:

Sering merasa haus dan sering buang air kecil.
Kelaparan yang berlebihan.
Penurunan berat badan yang tidak diinginkan.
Kelelahan dan lemah.
Luka yang sulit sembuh.
Sering mengalami infeksi.
Kabur atau berkurangnya penglihatan.
Kebas atau mati rasa pada kaki atau tangan.

Penting untuk memahami bahwa diabetes adalah kondisi kronis, yang berarti tidak ada obatnya, tetapi dapat dikelola dengan baik melalui berbagai cara. Pengelolaan diabetes mencakup:

Perubahan gaya hidup sehat, seperti diet seimbang dan aktifitas fisik.
Pengukuran rutin kadar glukosa darah.
Penggunaan obat-obatan (terutama untuk diabetes tipe 2) atau insulin jika diperlukan.
Pemantauan tekanan darah dan kolesterol.
Kontrol berat badan.

Selain itu, pendekatan terintegrasi yang melibatkan tim perawatan kesehatan, termasuk dokter, perawat, dietisien, dan pendidikan tentang diabetes, dapat membantu individu dengan diabetes mengelola kondisi mereka lebih baik.

Penting untuk mengenali apa itu diabetes dengan serius dan mengikuti rencana perawatan yang telah ditentukan oleh profesional kesehatan. Diabetes yang terkendali dengan baik dapat membantu mencegah komplikasi serius dan meningkatkan kualitas hidup seseorang yang terkena diabetes.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *